Muskab dan Dilantik, Kadin Batubara Diminta Dampingi BUMDesa

Pengurus Kadin Batubara

topmetro.news – Pengurus Kadin Batubara dilantik setelah sebelumnya dilakukan muskab di hari itu juga. Hal itu sekaligus menunjukkan kelas Kadin (Kamar Dagang dan Industri) Batubara, karena mampu menggelar dua kegiatan pada waktu bersamaan, tanpa bertele-tele. Mungkin di Kabupaten Batubara, hal ini baru kali pertama dilakukan.

Pantauan media ini, Kamis (30/1/2020), dimulai pukul 10.00 sampai 15.00 WIB, para pengusaha itu melakukan muskab (musyawarah kabupaten) pemilihan Ketua Kadin Batubara. Berikutnya hanya berselang lima jam saja, pukul 20.00 WIB malam, langsung melaksanakan pelantikan susunan pengurus terpilih.

Pelantikan langsung dilakukan Ketua Kadin Sumut Ivan Iskandar Batubara terhadap Ketua Kadin Batubara terpilih yakni H OK Faizal Djalil berserta segenap susunan kepengurusan lain periode 2020-2025. Lokasi muskab sendiri berjarak kurang lebih tiga kilometer dengan tempat pelantikan.

Lokasi pelantikan terlihat mengusung konsep lapangan terbuka. Yaitu dilaksanakan di Lapangan Sepakbola Blok 8 Kelurahan Limapuluh Kecamatan Limapuluh Kota Batubara.

H OK Faizal Djalil dalam sambutannya mengatakan, bahwa visi misi pihaknya tetap akan disesuaikan dengan visi misi Kabupaten Batubara. Dengan tujuan, sebagai mitra sejajar, ke depan Kadin Batubara akan dapat terus memberikan saran serta masukan dalam hal peningkatan perekonomian masyarakat. Salah satunya melalui pembinaan UKM.

“Kami ingin mendorong kemajuan bagi pengusaha-pengusaha di kabupaten ini, dengan maksud guna lebih memperluas terciptanya lapangan pekerjaan baru. Tentu semua itu tidak akan bisa berjalan dengan baik, tanpa adanya dukungan dari pemerintah daerah,” ujarnya lugas.

“Selanjutnya Kadin Batubara pun akan memperkuat kerjasama dengan Dinas Koperasi dan Perdagangan setempat dengan cara membangun ‘rest area’ di wilayah perbatasan Kabupaten Batubara dengan Serdang Berdagai. Kemudian berencana mendirikan industri sepatu. Sebab ternyata selama ini banyak pengrajin sepatu asal Batubara yang bekerja di sentra pembuatan sepatu Kabupaten Asahan,” ungkapnya.

Kadin Batubara dan Pemkab

Sementara Bupati Batubara Ir H Zahir MAP dalam sambutannya mengatakan, Kadin harus bisa berkolaborasi dengan pemerintah dalam membentuk serta pemberdayaankan para pengusaha dan masyarakat. Apalagi menurutnya bahwa saat ini Batubara merupakan salah satu wilayah proyek strategis nasional. Maka sangat berpotensi paling tidak mengambil peran sebagai penyuplai kebutuhan makanan seperti telor dan beras kepada tenaga kerja yang diperkirakan berjumlah hingga puluhan ribu.

“Dengan keberadaan puluhan ribu tenaga kerja tersebut, maka sangat membuka peluang terciptanya peluang usaha dalam bentuk indrustri baru yang proses produksinya dilakukan di Batubara. Dan di tiap-tiap desa nantinya tinggal dipilih usaha apa yang cocok. Untuk itu Kadin lah yang akan menjadi pendamping BUMDesa dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat”, harapnya.

Selanjutnya Ketua Kadin Sumut Ivan Iskandar Batubara mengungkapkan, bahwa Kabupaten Batubara merupakan salah satu daerah penyanggah Sumatera Utara. Menurut pengamatannya, berdasarkan data perkembangan perkonomian, selama tiga tahun terakhir, situasi ekonomi Batubara secara keseluruhan dianggap cukup baik. Tercatat indrustri PT Inalum sendiri bertumbuh pesat. Apalagi nantinya akan didukung oleh keberadaan Pelabuhan Kuala Tanjung yang akan mempermudah para pengusaha menjual hasil industrinya. Baik di dalam maupun luar negeri.

Di akhir acara, Ketua Kadin Batubara H Ok Faizal Djalil menyerahkan mesin pengiris singkong untuk ‘home industry’ kripik kepada beberapa kelompok usaha.

Tampak hadir M Santri Azhar Sinaga (Wakil Ketua Bidang Organisasi Kadin Sumut), Hendra Utama (Direktur Eksekutif Kadin Sumut), Kadis Koprindag Batubara, Kadis Perkim Batubara, Kadis Perizinan, unsur pimpinan DPRD Batubara, Wakapolres Batubara Kompol Abdul Muthalib, Danramil 02/Limapuluh Kapten Inf H Marpaung, para camat serta puluhan kepala desa.

reporter | Bima Pasaribu

Related posts

Leave a Comment